Alhamdulillah, akhirnya tadi pagi kelompokku berhasil menyelesaikan tugas presentasi untuk mata pelajaran Fotometri dengan sukses. Kelompokku kebetulan dapet materi Spektrofotometri UV-Visible, pas bingit dengan jenis instrumen yang ada di sekolah. Ada Spektrofotometer UV-Visible aja harus udah bersyukur lho... Nah, dengan kegejean kelompokku yang beranggotakan cewek-cewek yang tidak anggun sama sekali(Atul, April, Cenna, Elsa, Tya *nggak berangkat karena sakit*, Clivi, Yuni, dan aku) dan sebenarnya belum paham bingit mengenai apa itu Spektrofotometri UV-Visible terutama dasar-dasarnya, kami pun memberanikan diri untuk tetap tampil.
Nasib menjadi kelompok dengan anggota bernomor presensi awal adalah hampir selalu menjadi yang lebih dahulu dalam mempresentasikan hasil diskusi. Itulah yang dialami oleh kelompokku. Walaupun awalnya sempat agak panik karena belum paham, materinya banyak aja, dan pastinya gagal merayu Bu Lastri untuk menunda presentasi kelompokku dengan alasan Tya nggak berangkat, tapi semua itu dapat teratasi dengan kekompakan kelompokku. Yeey!
Diawali oleh Atul yang malamnya panik karena laptopnya mendadak error dan nggak bisa belajar, kemudian dilanjutkan oleh April yang masih bingung dengan rumus-rumus, Cenna yang materinya full tulisan, Elsa yang takut ditanyain tentang materinya, Clivi dan Yuni yang ndobel di jatahnya Tya, dan diakhiri olehku yang juga jadi operator, serta didukung oleh kekompakan kami dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman sekelas *padahal hanya mengandalkan penalaran seadanya, itupun dikait-kaitkan dengan materi mata pelajaran lain*, sukseslah kami membuat teman-teman sekelas menjadi lebih tau tentang Spektrofotometri UV-Visible. Dari Zahro yang menjadi tau tentang apa itu monokromatik sampai membuat Octa menjadi paham tentang analisis multikomponen. Horeee!
Tanggapan positif disampaikan oleh Bu Lastri. Meskipun anggotanya tidak lengkap, tapi beliau berkata bahwa presentasi kami sangat memuaskan. Penjelasan materi secara detail beserta contohnya, kekompakan presenter, keaktifan teman-teman sekelas dalam bertanya, visualisasi presentasi yang menarik, dan kemajuan yang sangat pesat *dibandingkan pas masih kelas sepuluh dulu* dalam kemampuan mempresentasikan materi menjadi pemacu bagi kelompokku untuk terus maju. Ceileh, padahal sebenarnya kami malah bingung dan terheran-heran waktu diberikan tanggapan seperti itu. Pengen tau kayak apa filenya? Ini aku kasih link-nya: https://docs.google.com/file/d/0B6mcDyJteRgtdFJhSHMwcnpJelE/edit, semoga bermanfaat!
This entry was posted
on 19.14.00
and is filed under
Analisis Fotometri,
Kimia,
Stembayo,
Tugas
.
You can leave a response
and follow any responses to this entry through the
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
.