Menulis adalah
suatu kegiatan mencatat sebuah informasi yang diterima baik secara lisan maupun
nonlisan, sedangkan kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan suatu hal yang
baru. Jadi, menulis kreatif adalah suatu kegiatan mencatat sebuah informasi yang
diterima dengan cara yang baru.
Pengertian
menulis kreatif di atas merupakan hasil penafsiran penulis setelah membaca
pengertian menulis kreatif yang tercantum dalam artikel Bapak Erwan Juhara yang
berjudul Manfaat Menulis Kreatif Bagi Siswa. Di sana tertulis bahwa menulis
atau mengarang merupakan satu kegiatan kreatif karena berusaha menciptakan
sesuatu dan pengutaraannya dengan bahasa tulis si pembuat tulisan itu sendiri,
sedangkan menulis kreatif menurut Maybury adalah pelibatan seluruh kemampuan
siswa sesuai apa yang dimilikinya baik itu berupa ide – ide, kesan, perasaan,
harapan, imajinasi mereka, dan bahasa seperti halnya yang dapat disuratkan.
Penulis setuju
dengan pernyataan menulis kreatif bagi siswa itu bermanfaat. Mengapa? Karena
dengan belajar menulis kreatif, siswa dapat belajar untuk mengemukakan
pendapatnya melalui tulisan dengan gaya bahasanya sendiri. Walaupun terkadang
siswa meniru gaya bahasa orang lain yang dikenalnya, tapi lama – kelamaan ia akan
merasa bosan meniru karena ia telah memiliki sebuah gaya bahasa sendiri. Tentu
saja gaya bahasa yang dimiliki oleh setiap orang itu berbeda – beda. Perbedaan
gaya bahasa juga dapat dipengaruhi oleh wawasan yang dimiliki oleh siswa.
Biasanya siswa yang berwawasan luas akan memiliki gaya bahasa yang lebih bagus
daripada siswa yang kurang berwawasan, terutama dalam penggunaan bahasa tulis.
Menurut Percy,
manfaat dari menulis kreatif antara lain :
sebagai alat untuk mengungkapkan diri, alat untuk memahami terhadap ide – ide
dan pendapat untuk direfleksikan, alat meningkatkan kesadaran pengamatan
tentang lingkungannya, alat pelibatan diri siswa secara aktif, alat pengembang
kemampuan siswa menggunakan bahasa, alat pengembang keterampilan kognitif siswa,
alat pengembang inisiatif dan disiplin diri siswa, serta alat bermain yang
menyenangkan dan tidak mahal.
Berdasarkan hal tersebut dapat penulis
pahami bahwa dengan menulis kreatif siswa dapat mempunyai suatu sarana untuk
mengekspresikan dirinya melalui tulisan dengan merefleksikan ide – ide dan
pendapat yang dimilikinya. Kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh siswa
tentunya juga akan berkembang seiring dengan kemampuan menulis yang
dimilikinya. Oleh karena itu penulis mengambil kesimpulan bahwa menulis kreatif
itu bermanfaat bagi siswa.
Untuk mencetak siswa yang mampu menulis kreatif
tentu tidak hanya dalam waktu sekejap. Perlu adanya dorongan dari diri siswa
itu sendiri untuk mau dan mampu belajar menulis kreatif. Selain itu, dukungan
dan bimbingan dari orang tua dan guru tentu dapat menambah semangat siswa untuk
bisa menulis kreatif.
This entry was posted
on 18.06.00
and is filed under
Bahasa Indonesia,
Jurnalistik,
Stembayo,
Tugas
.
You can leave a response
and follow any responses to this entry through the
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
.