Menulis Kreatif bagi Siswa, Apa Manfaatnya?  

Posted by: Diah Lutfi Ani in , , ,


Menulis adalah suatu kegiatan mencatat sebuah informasi yang diterima baik secara lisan maupun nonlisan, sedangkan kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan suatu hal yang baru. Jadi, menulis kreatif adalah suatu kegiatan mencatat sebuah informasi yang diterima dengan cara yang baru.
Pengertian menulis kreatif di atas merupakan hasil penafsiran penulis setelah membaca pengertian menulis kreatif yang tercantum dalam artikel Bapak Erwan Juhara yang berjudul Manfaat Menulis Kreatif Bagi Siswa. Di sana tertulis bahwa menulis atau mengarang merupakan satu kegiatan kreatif karena berusaha menciptakan sesuatu dan pengutaraannya dengan bahasa tulis si pembuat tulisan itu sendiri, sedangkan menulis kreatif menurut Maybury adalah pelibatan seluruh kemampuan siswa sesuai apa yang dimilikinya baik itu berupa ide – ide, kesan, perasaan, harapan, imajinasi mereka, dan bahasa seperti halnya yang dapat disuratkan.
Penulis setuju dengan pernyataan menulis kreatif bagi siswa itu bermanfaat. Mengapa? Karena dengan belajar menulis kreatif, siswa dapat belajar untuk mengemukakan pendapatnya melalui tulisan dengan gaya bahasanya sendiri. Walaupun terkadang siswa meniru gaya bahasa orang lain yang dikenalnya, tapi lama – kelamaan ia akan merasa bosan meniru karena ia telah memiliki sebuah gaya bahasa sendiri. Tentu saja gaya bahasa yang dimiliki oleh setiap orang itu berbeda – beda. Perbedaan gaya bahasa juga dapat dipengaruhi oleh wawasan yang dimiliki oleh siswa. Biasanya siswa yang berwawasan luas akan memiliki gaya bahasa yang lebih bagus daripada siswa yang kurang berwawasan, terutama dalam penggunaan bahasa tulis.
Menurut Percy, manfaat dari menulis kreatif antara lain       : sebagai alat untuk mengungkapkan diri, alat untuk memahami terhadap ide – ide dan pendapat untuk direfleksikan, alat meningkatkan kesadaran pengamatan tentang lingkungannya, alat pelibatan diri siswa secara aktif, alat pengembang kemampuan siswa menggunakan bahasa, alat pengembang keterampilan kognitif siswa, alat pengembang inisiatif dan disiplin diri siswa, serta alat bermain yang menyenangkan dan tidak mahal.
Berdasarkan hal tersebut dapat penulis pahami bahwa dengan menulis kreatif siswa dapat mempunyai suatu sarana untuk mengekspresikan dirinya melalui tulisan dengan merefleksikan ide – ide dan pendapat yang dimilikinya. Kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh siswa tentunya juga akan berkembang seiring dengan kemampuan menulis yang dimilikinya. Oleh karena itu penulis mengambil kesimpulan bahwa menulis kreatif itu bermanfaat bagi siswa.
Untuk mencetak siswa yang mampu menulis kreatif tentu tidak hanya dalam waktu sekejap. Perlu adanya dorongan dari diri siswa itu sendiri untuk mau dan mampu belajar menulis kreatif. Selain itu, dukungan dan bimbingan dari orang tua dan guru tentu dapat menambah semangat siswa untuk bisa menulis kreatif.

This entry was posted on 18.06.00 and is filed under , , , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar

Thanks for Visiting